Ads 468x60px

Minggu, 04 Mei 2014

Tips Manajement Waktu Bagi Mahasiswa dan Pelajar

Manajemen waktu adalah bagaimana membuat perubahan dengan cara anda dalam menghabiskan waktu. Untuk manajemen waktu yang efektif, Anda harus menerapkan sistem manajemen waktu yang tentunya akan membantu Anda melihat di mana perubahan bisa dan harus dilakukan.Berikut beberapa tips dan trik dalam mengatur waktu :
1. Pahami tujuan sebelum tenggelam dalam padatnya aktivitas sehari-hari
Jika memahami tujuan, maka seseorang akan lebih mudah menjalani setiap hal dan memeroleh tujuan yang ingin didapatkan.
 2. Tentukan prioritas
Prioritas merupakan hal terpenting dalam mengatur waktu. Hal ini akan membantu dalam meraih tujuan serta meminimalisir kegiatan-kegiatan yang tidak penting yang biasanya dilakukan dengan tujuan tidak jelas dan hanya menyia-nyiakan waktu.
 3. Kendalikan dan pilah setiap aktivitas
Dengan mengetahui prioritas kegiatan yang harus dilakukan, seseorang akan memiliki dasar yang jelas untuk mengendalikan dan memilah setiap kegiatan. Supaya kita benar-benar bisa melaksanakan kegiatan yang lebih penting dan mengurangi kegiatan yang tidak terlalu, sehingga tujuan awal dapat tercapai.
 4. Buat daftar rencana kegiatan
Buat daftar rencana kegiatan secara berkala dan jelas, misal tahunan, bulanan dan harian. Biasakan sebelum tidur untuk merencanakan kegiatan esok hari, sehingga pagi hari tinggal mempersiapkan kegiatan secara matang. Hal itu akan membuat hidup lebih teratur dan mempermudah dalam mengatur aktivitas yang padat.
 5. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan
Pengaturan waktu dengan jadwal yang super ketat dan sudah tersusun rapi akan menjadi percuma dan sia-sia jika tetap saja menunda-nunda pekerjaan. Menunda pekerjaan akan menyebabkan banyaknya pekerjaan yang tidak terlaksana dan akan mengganggu kegiatan lainnya.
 6. Selalu berusaha untuk tepat waktu
Jangan rusak jadwal dengan waktu terlambat. Terlambat akan membuat kegiatan berantakan dan mengganggu upaya dalam mengatur waktu. Kedisiplinan dalam menjalankan pengaturan waktu yang telah dibuat, merupakan poin penting yang harus dilaksanakan.
7. Berdoa
Tidak ada kejadian di dunia ini yang terjadi tanpa adanya kehendak dari Sang Pencipta. Berdoa merupakan jalan keluar saat mengalami kesulitan walaupun sudah mengatur semua kegiatan dan waktu dengan seksama. Berdoa adalah poin yang tidak boleh terlupa.
Mengenai manejemen waktu, William Book berkata bahwa manusia patut menjadi tuan bagi jam dan harinya, manusia bukan hamba waktu. Sedangkan Peter Drucker mengatakan bahwa manusia lebih baik mengetahui kemana waktu itu dibuang darpada merencanakan bagaimana mengatur waktu. Gunakan waktu untuk menyusun rencana, mengevaluasi rencana, menjalankan rencana, membuat janji, dan membicarakan hal yang dapat membantu dan menunjang masa depan. So, mari mulai biasakan mengatur waktu untuk menyambut masa depan dan bersiap-siap menjadi orang yang sukses.
 
http://gentaandalas.com/tips-dan-trik-mengatur-waktu

0 komentar:

Posting Komentar